Kamis, 24 Maret 2011

SUmber-MAnjing -WE tan PUNYA..

Dolan ke Pantai Balekambang

March 9th, 20119:03 am @ admin

Perjalanan kali ini sungguh menyenangkan, tujuan utama adalah Pantai Balekambang di pesisir selatan kota Malang. Berangkat dari Surabaya sekitar jam 11 malam, langsung tancap gas ditemani cuaca yang sangat bersahabat.

Tiba di Malang jam setengah satu malam, sembari sedikit mengganggu yg punya rumah (bro Asrul Tsani) dikarenakan sebelumnya udah janjian untuk mampir mengambil hasil pesanan rompi s2w yang baru. Bro Asrul ini orangnya cukup ramah, bahkan beliau rela meluangkan waktu tidurnya untuk menunggu kedatangan kami. Setelah menerima hasil pesanan rompi, kami sempatkan untuk foto bersama. Tidak lama kemudian kami langsung berpamitan, karena waktu udah cukup larut dan melanjutkan perjalanan ke kota Tumpang.

Perjalanan ke kota Tumpang, kami tempuh sekitar setengah jam dari kawasan kota lama. Sesampainya disana kami berhenti di depan pasar tumpang sembari menunggu bro Aripin sang empunya rumah yang akan kami singgahi untuk beristirahat. Tiba di kediaman beliau, kami langsung beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan pagi harinya.

Sekitar jam 7 pagi, kamipun bersiap untuk melanjutkan perjalanan setelah sebelumnya mengisi perut karena cuaca yang cukup dingin membuat kami menjadi mudah lapar, hehehe…! Tepat pukul 8, perjalanan dilanjutkan dengan tambahan 2 personil (bro aripin dan adiknya). Perjalanan menuju balekambang via tumpang-wajak-kepanjen-pagak-bantur dilalui dengan kecepatan rendah, mengingat padatnya aktifitas warga di minggu pagi.

Memasuki trek di bantur, jalan yang dilalui semakin menyempit sehingga hanya cukup untuk satu mobil. Selama perjalanan tak jarang kami melihat mobil terjebak track yang berlumpur disisi jalan dikarenakan harus mengalah karena berpapasan dengan kendaraan dari arah sebaliknya. Semakin kedalam jalanan semakin rusak sehingga membuat kami harus berhati-hati. Banyak tanjakan, turunan bahkan belokan curam yang sangat berbahaya.

Sehabis melalui track yg cukup memacu adrenalin tersebut, sampailah kami di pos loket balekambang. Setelah sebelumnya hendak mampir ke Pantai Kondang Merak namun dibatalkan karena waktu yg tidak mencukupi. Setelah membayar tiket masuk, kami mulai berjalan menyusuri garis pantai dan subhanalloh pantai ini tetap seindah seperti 4 tahun yang lalu terakhir kunjungan saya.

Kebetulan kami datang pada hari libur, jadi wajar saja suasana agak sedikit ramai. Banyak keluarga dan muda mudi yang berkunjung kesini, dikarenakan tempat wisata ini mirip dengan tanah lot di Bali, namun memiliki pantai berair jernih berwarna biru dan berpasir putih, sehingga cocok untuk bermain air. Namun harap berhati-hati juga, karena ombak di pantai ini cukup berbahaya. Pantai ini juga memiliki 3 buah pulau karang, namun satu diantaranya tidak bisa untuk dikunjungi dikarenakan akses jalannya rusak.

Di salah satu pulau tersebut terdapat sebuah pura yang membuatnya terlihat mirip dengan tanah lot di bali. Fasilitas di pantai ini terbilang cukup baik namun kurang maksimal dikarenakan perawatannya yang kurang baik. Warung makan, musholla, kios cinderamata dan mck juga tersedia disini.

Suasana panasnya pantai tertutupi dengan rindangnya pepohonan yang ada. Semilirnya angin yang sepoi membuat suasana semakin hangat ditemani dengan obrolan dan canda tawa diantara kami. Sebagian dari kami ada yang bermain pasir, berenang, beristirahat, maupun berjalan menjelajahi pantai yang eksotis ini.

Setelah puas bermain dan menjelajah, kamipun dengan berat harus meninggalkan semua keindahan di tempat ini dan bersiap untuk melanjutkan perjalanan pulang ke surabaya. Sekitar pukul 3 sore kamipun mulai menjalankan motor kembali ke Surabaya, dan lagi-lagi ditemani cuaca yang sangat bersahabat