SILABUS
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: X / 1
Aspek : Al-Qur’an
Alokasi
Waktu : X 45 Menit
Standar
Kompetensi : 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur;an tentang
manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajarna
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/ Alat
|
1.1.
Membaca QS Al Baqarah : 30,. Al Mukminu : 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An-Nahl :
78
|
§ QS. AL Baqara :
30
§ QS. AL Mukminun
: 12-14
§ QS. Az-Zariyat
: 56
§ QS. An Nahl :
78
|
§ Membaca QS. Al Baqarah;
30 QS. Al Mukminun; 12-14, QS. Az-Zariyat ; 56, dan An-Nahl : 78
§ Mengidentifikasi Tajwid
Al Baqarah; 30 QS. Al Mukminun; 12-14, QS. Az-Zariyat ; 56, / An-Nahl : 78
|
§ Membaca Al Baqarah; 30 QS. Al Mukminun;
12-14, QS. Az-Zariyat ; 56, dan An-Nahl : 78 dg lancar
§ Mengidentifikasi tajwid
Al Baqarah; 30 QS. Al Mukminun; 12-14, QS. Az-Zariyat ; 56, /An-Nahl : 78
|
Rasa Ingin Tahu, Religius, jujur, Disiplin
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI kelas X
§ Buku buku yang relevan
§ Islam dan kedokteran
|
1.2. Menyebutkan arti QS. Al baqarah : 30, Al
Mukminun 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An
Nahl: 78
|
§ QS. Al-Baqarah
: 30
§ QS. Al-Mukminun
: 12-14
§ QS. Az-Zariyat
: 56
§ QS. An-Nahl :
78
|
§ Mengartikan
masing-masing kata yang terdalat dalam QS. Al baqarah : 30, Al
Mukminun 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An
Nahl: 78
§ Mengartikan
ayat QS. Al baqarah : 30, Al Mukminun 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78
§ Mendiskusikan
arti QS. Al baqarah : 30, Al
Mukminun
|
§ Menyebutkan
arti kata dalam QS. Al baqarah : 30, Al Mukminun 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78
§ Menyebutkan
arti ayat QS. Al baqarah : 30, Al Mukminun
12-14, Az-Zariyat: 56 /An Nahl: 78
§ Menjelaskan QS.
Al baqarah : 30, Al Mukminun 12-14,
Az-Zariyat: 56 /An
Nahl: 78
|
Gemar membaca
Tanggung jawab
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan sehari-hari.
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI kelas X
§ Buku buku yang relevan
|
1.3.
Menampilkan perilaku sebagai khalifa
di bumi seperti terkandung dalam QS. Al-Baqarah : 30, Al-Mukminun : 12-14, Al
Zariyat : 56 dan An Nahl : 76
|
§ QS. Al-Baqarah
: 30,
§ QS. Al-Mukminun
: 12-14,
§ QS. Al Zariyat
: 56 dan
§ QS. An Nahl :
76
|
§ Mengidentifikasi
perilaku khalifah dibumi yang terdapat dalam QS. Al-Baqarah : 30,
Al-Mukminun : 12-14, Al Zariyat : 56 dan An Nahl : 76
§ Mempraktikkan
perilaku sebagai khlaifah di bumi sesuai QS. Al-Baqarah : 30, Al-Mukminun :
12-14, Al Zariyat : 56 / An Nahl : 76
§ Menunjukkan
perilaku khalifah dalam kehidupan
|
§ Mengidentifikasi
perilaku khalifah dalam QS. Al-Baqarah : 30, Al-Mukminun : 12-14, Al
Zariyat : 56 dan An Nahl : 76
§ Mempraktikkan
perilaku khalifah sesuai dengan QS. Al-Baqarah : 30, Al-Mukminun : 12-14, Al
Zariyat : 56 dan An Nahl : 76
|
Religius,
Jujur,
Cinta Damai
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI kelas X
§ Buku buku yang relevan
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: X / 1
Aspek : Al-Qur’an
Alokasi
Waktu : ……X 45 Menit
Standar
Kompetensi : 2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
keikhlasan dalam beribadah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajarna
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/ Alat
|
1.1.
Membaca QS. Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah : 5
|
§ QS. Al-An’am;
162-163
§ QS. Al-Bayyinah
: 5
|
§ Membaca QS. Al-An’am:
162-163 dan Al-Bayyinah : 5
§ Mengidentifikasi
tajdwid QS. Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah : 5
|
§ Membaca QS.
Al-An’am : 162-163 dengan lancar
§ Membaca QS.
Al-Bayyinah : 5 dengan lancar
§ Mengidentifkasi tajwid QS. Al-An’am: 162-163
dan Al-Bayyinah : 5
|
Kreatif, Religius, jujur,
Disiplin
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacataaktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI kelas X
§ Buku buku yang relevan
|
1.2. Menyebutkan arti QS. Al-An’am: 162-163 dan
Al-Bayyinah : 5
|
§ QS. Al-An’am;
162-163
§ QS. Al-Bayyinah
: 5
|
§ Mengartikan
masing-masing kata yang terdalat dalam QS. Al-An’am: 162-163 dan
Al-Bayyinah : 5
§ Mengartikan
ayat QS. Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah : 5
§ Mendiskusikan
arti dan kandungan QS. Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah 5
|
§ Menyebutkan
arti masing-masing kata yang terdapat dalam QS. Al-An’am: 162-163 dan
Al-Bayyinah : 5
§ Menyebutkan
arti ayat QS. Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah : 5
§ Menjelaskan
kandungan QS. Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah : 5
|
Gemar membaca
Tanggung jawab
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan sehari-
Hari.
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI kelas X
§ Buku buku yang relevan
|
2.3.
Menampilkan perilaku ikhls dalam
beribadah seperti terkandung dalam QS. Al-An’am; 162-163 dan Al-Bayyinah : 5
|
§ QS. Al-An’am;
162-163
§ QS. Al-Bayyinah
: 5
|
§ Mengidentifikasi
perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan QS. Al-An’am; 162-163 dan
Al-Bayyinah : 5
§ Mempraktikkan
perilaku ikhlas beribadaha sesuai dengan QS. Al-An’am; 162-163 dan
Al-Bayyinah : 5
§ Menerapkan
perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan QS. Al-An’am; 162-163 dan
Al-Bayyinah : 5
|
§ Mengidentifikasi
perilaku ikhlas beribadah sesuai dengan
QS. Al-An’am; 162-163
§ Mempraktikkan perilaku ikhlas
beribadah sesuai dengan QS. Al-An’am;
162-163
§ Menerapkan perilaku
ikhlas beribadah sesuai dengan QS. Al-An’am;
162-163
§ Menerapkan perilaku ikhlas
beribadah sesuai dengan QS. Al-Bayyinah
: 5
|
Religius,
Jujur,
Cinta Damai
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan sehari-
Hari.
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI kelas X
§ Buku buku yang relevan
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: X / 1
Aspek : Aqidah
Alokasi
Waktu : ……X 45 Menit
Standar
Kompetensi : 3. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui
pemahaman sifat-sifatnya dalam Asmaul Husna
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajarna
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/ Alat
|
3.1.
Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
§ Asmaul husna :
10 sifat Allah
dalam Asmaul Husna
|
§ Membaca buku sumber
yang berkaitan pengertian sifat-sifat Allah
§ Mendiskusikan arti 10
sifat Allah dalam asmaul husna
|
§ Menyebutkan arti sifat
Allah
§ Menyebutkan arti 10
sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Jujur, Religius, Komunikatif
|
Jenis Tagihan :
Tugas individu,
Tugas kelompok
Ulangan harian
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah,
§ Buku kelas X
§ Buku-buku lain
|
3.2.
Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
§ Asmaul husna
10 asmaul husna
dan artinya
|
§ Membaca buku sumber
yang berkaitan dnegan 10 siafat Allah dalam asmaul Husna
§ Mendiskusikan arti 10
sifat Allah dalam Asmaul Husna
§ Menjabarkan arti 10
sifat Allah dalam asmaul Husna
|
§ Menjelaskan
arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
§ Mejabarkan 10
sifat Allah kedalam sifat manusia
|
Disiplin, Rasa tanggung jawab,
|
Jenis Tagihan
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
|
2 Jam
|
§ Buku PAI kelas X
§ Buku-buku yang relevan
|
3.3.
Menampilkan 10 sifat Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat
Asmaul Husna
|
§ Perlaku yang
mencerminkan keimanan terhadap 10 Asmaul Husna
|
§ Mempraktekkan sifat-sifat
Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari
§ Menerapkan perilaku
yang mencerminkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam
kehidupan sehari-hari
|
§ Mempraktikkan
sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari
§ Menerapkan
perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna
|
Kritis analitis, disiplin,
Kerjasama
|
Jenis Tagihan :
Tugas individu
Bentuk Instrumen :
Lembar pengamatan
|
2 Jam
|
§ Buku PAI kelas X
§ Buku-buku yang relevan
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Drs. AHMAD
ASYHARI
|
Malang ………………………
Guru Mata Pelajaran
FATHUL ANAM, SPD.I
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: X / 1
Aspek : Akhlak
Alokasi
Waktu : ……X 45 Menit
Standar
Kompetensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajarna
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
4.1.
Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan
|
§ Husnuzhan :
Pengertian
perilaku husnuzhan
|
§ Mendiskusikan
pengertian perilaku husnuzhan
§ Mengidentifikasi
perilaku yang berkaitan dengan husnuzhan
|
§ Menyebutkan pengertian
husnuzhan terhadap Allah
§ Menyebutkan pengertian
husnuzhan terhadap diri sendiri
§ Menyebutkan pengertian
husnuzhan terhadap sesama
|
Disiplin, Kerjasama, tanggung jawab
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keaga
|
2 jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah,
§ Buku Pai kelas X
§ Buku-buku yang relevan
|
4.2.
Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan
sesama manusia
|
§ Husnuzhan :
Contoh perilaku
husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sessama manusia
|
§ Mendiskusikan
contoh-contoh perilaku husnu dzan terhadap Allah
§ Mendiskusikan contoh-contoh
perilaku perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri
§ Mendiskusikan
contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap sesma manusia
|
§ Menyebutkan
conoth husnuzhan terhadap Allah
§ Menyebutkan
contoh husnuzhan terhadap diri sendiri
§ Menyebtukan
contoh husnuzhan terhadap sesama manusia
|
Jujur, Berani berkreasi,
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 jam
|
§ Buku PAI kelas X
§ Buku-buku yang relevan
|
4.3.
Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Husnuzhan :
Perilaku
husnuchan dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Mempraktikan
contoh-contoh perilkua huzhnuzhan terhadap Allah
§ Mempraktikkan
contoh-contoh perilaku huznuzhan terhadap diri sendiri
§ Mempraktikkan
contoh-contoh perilaku huznuzhan terhadap sesama manusia
|
§ Menunjukkan
sikap husnuzhan terhadap Allah
§ Menunjukkan
sikap husnuzhan terhadap diri senidir
§ Menunjukkan
sikap husnuzhan terhadap sesama manusia
|
Bekerja sama, rasa tanggung jawab
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 jam
|
§ Buku PAI kelas X
§ Buku-buku yang relevan
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Drs. AHMAD
ASYHARI
|
Malang ………………………
Guru Mata Pelajaran
FATHUL ANAM, SPD.I
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: X / 1
Aspek : Fiqih
Alokasi
Waktu : ……X 45 Menit
Standar
Kompetensi : 5. Memahami sumber hukum Islam, hukum
taklifi, dan hikmah ibadah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajarna
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
||||
5.1.
Menyebutkan penegrtian kedudukan dan fungsi Al-qur;an, Al Hadits, dan Ittihad
sebagai sumber hukum Islam
|
Sumber hukum
islam
§ Al-Qur’an
- Pengertian
- Kedudukan
- Fungsi
§ Al Hadits
- Pengertian
- Kedudukan
- Fungsi
§ Ijtihad
- Pengertian
- Kedudukan Fungsi
|
§ Mendiskusikan
penegrtian, kedudukan dan fungsi Al Qru’an sebagai sumber hukum islam
§ Mendiskusikan
pengertian, kedudukan dan funsgi Al Hadits sebagai sumber hukum Islam
§ Mendiskusikan
pengertikan keuddukan dan fungsi ijtihad sebagai sumber hukum islam
|
§ Menyebutkan penegrti Al
Qur’an, Al Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§ Menjelaskan kedudukan
Al Qru;an, Al Hadits, dan Itjihad sebagai sumber hukum Islam
§ Menjelaskan fungsi Al
Qur’an Al hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§ Menjelaskan fungsi Al
Hadits terhadap Al Qur’an
§ Menjelaskan Al Hadits
|
Religius, jujur, Disiplin
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah,
§ Buku Pai kelas X
§ Buku-buku yang relevan
|
||||
5.2.
Menjelaskan pengertian, kedudukan, dan fungsi huku taklifi dalam hukum islam
|
Hukum Taklifi
§ Pengertiakn
hukum taklifi
§ Kedudukan hukum
taklifi
§ Fungsi hukum
taklifi dalam hukum islam
|
§ Mendiskusikan
pengertian hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Mendiskusikan keuddukan
hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Mendiskusikan fungsi
hukum taklifi dalam islam
|
§ Menjelaskan
penegrtian hukum taklifi dalam hukum islam
§ Menjelaskan
kedudukan hukum taklifi dalam hukum islam
§ Menjelaskan
fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
|
Gemar membaca
Tanggung jawab
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah,
§ Buku Pai kelas X
§ Buku-buku yang relevan
§ Internet
|
||||
5.3.
Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
|
Hukum taklifi
§ Penerapan hukum
taklifi dalam kehidupan sehari-hari :
|
§ Mendiskusikan
contoh-contoh perilaku yang ssusuai dnegan hukum taklifi
§ Memprakktikan perilaku
yang sesuai hukum taklifi
|
§ Mampu
menunjukkan contoh contoh perilaku, sesuai hukum taklfi
§ Mampu
menerapkan perilaku yang sesuai dnegan hukumm taklifi
|
Religius,
Jujur, Cinta Damai
|
Proses dan hasil
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan aktifitas keagamaan
|
|
§ Al-Qur’an dan terjemah,
§ Buku Pai kelas X
§ Buku-buku yang relevan
|
||||
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Drs. AHMAD
ASYHARI
|
|
Malang ………………………
Guru Mata Pelajaran
FATHUL
ANAM,SPD.I
|
|||||||||
SILABUS
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: XI / 1
Aspek : Al-Qur’an
Alokasi
Waktu : ……X 45 Menit
Standar
Kompetensi : 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
Kompetisi Dalam Kebaikan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajarna
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
||||
1.1.
Membaca QS. Al-Baqarah: 148 dan QS Fatir : 32
|
§ QS. Al baqarah
: 148
§ QS. Fatir 32
|
§ Memabca dengan fasih QS. Al-Baqarah:
148 dan QS Fatir : 32
§ Mengidentifikasi
tajwid QS. Al-Baqarah: 148 dan QS Fatir : 32
|
§ Membaca QS. Al Baqarah
: 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar
§ Mengidentifikasi tajwid
QS. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar
§ Membuat contoh kata
sesuai hukum tajwid
|
Rasa Ingin Tahu, tanggung jawab,
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI kelas XI
§ Buku-buku yang relevan
|
||||
1.2.
Menjelaskan arti QS. Al-Baqarah: 148 dan QS Fatir : 32
|
§ QS. Al Baqarah
: 148
§ QS. Fatir : 32
|
§ Mengartikan setiap kata
yang terdapat dalam QS. Al-Baqarah: 148 dan QS Fatir : 32
§ Mengartikan
ayat QS. Al-Baqarah: 148 dan QS Fatir : 32
§ Mendiskusikan
terjemah QS. Al-Baqarah: 148 dan QS Fatir : 32
|
§ Mengartikan
setiap kata yang terdapat dalam QS. Al-Baqarah: 148 dan QS Fatir : 32 dengan
baik dan benar
§ Mengartikan
ayat QS. Al-Baqarah: 148 dan Fatir :
32
§ Menterjemahkan
QS. Al-Baqarah: 148 dan Fatir : 32
§ intisari QS. Al-Baqarah: 148 dan QS Fatir :
32
|
Berani berkreatif, Jujur,
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI kelas XI
§ Buku-buku yang relevan
|
||||
1.3.Menampilkan
perilaku berkompitis dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS. Al-Baqarah: 148 dan QS Fatir : 32
|
§ QS. Al-Baqarah:
148 dan
§ QS Fatir : 32
|
§ Mendiskusikan perilaku
berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS. Al-Baqarah:
148 dan QS Fatir : 32
|
§ Menjelaskan
pentingnya perilaku kompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS. Al-Baqarah:
148 dan QS Fatir : 32
|
Tanggungjawab, Jujur, Bekerja sama
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur[‘an dan terjemah
§ Buku PAI kelas XI
§ Buku-buku yang relevan
|
||||
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Drs. AHMAD
ASYHARI
|
|
Malang ………………………
Guru Mata Pelajaran
FATHUL ANAM, SPD.I
|
|||||||||
SILABUS
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: XI / 1
Aspek : Al-Qur’an
Alokasi
Waktu : ……X 45 Menit
Standar
Kompetensi : 2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
Perintah Menyantuni Kaum Dhuafa
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajarna
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
2.1. Membaca QS. Al Isra : 26-27 dan QS.
Al-Baqarah : 177
|
§ AlQur’an QS. Al
Isra : 26-27 dan
§ QS. Al-Baqarah
: 177
|
§ Membaca QS. Al
Isra : 26-27 dan QS. Al-Baqarah : 177
§ Mengindentifikasi
tajwid QS. Al Isra : 26-27 dan QS. Al-Baqarah : 177
|
§ Membaca QS. Al Isra :
26-27 dan QS. Al-Baqarah : 177 dengan baik dan benar
§ Mengidentifikasi
tajwid QS. Al Isra : 26-27 dan QS. Al-Baqarah : 177
§ Membuat contoh
kalimat sesuai dengan hukum tajdwid
|
Religius, jujur, Disiplin
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI kelas XI
§ Buku-buku yang relevan
|
2.2.
Menjelaskan arti QS. Al-Isra’ :
26-27 dan QS. Al Baqarah : 177
|
§ QS. Al Isra :
26-27 dan
§ QS. Al-Baqarah
: 177
|
§ Mengartikan per-kata
QS. Al-Isra “ 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mengartikan per-ayat QS. Al Isra :
26-27 dan QS. Al-Baqarah : 177
§ Mendiskusikan
kandungan QS. Al_Isra : 26-27 dan Al Baqarah
|
§ Mengartikan
per-kata QS. Al Isra : 26-27 dan QS. Al-Baqarah : 177
§ Mengartikan
per-ayat QS. Al Isra : 26-27 dan QS. Al-Baqarah : 177
§ Menjelaskan
kandungan isi QS. Al Isra : 26-27 dan QS. Al-Baqarah : 177
|
Gemar membaca
Tanggung jawab
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI kelas XI
§ Buku-buku yang relevan
|
2.3.
Menampilkan perilaku menyantuni kaum du’afa dalam QS. Al Isra : 26-27 / Al-Baqarah :
177
|
§ QS. Al Isra :
26-27 dan
§ QS. Al-Baqarah
: 177
|
§ Mendiskusikan perilaku
menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam QS. Al Isra :
26-27 dan QS. Al-Baqarah : 177
|
§ Menjelaskan
perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam QS. Al Isra :
26-27 dan QS. Al-Baqarah : 177
|
Religius,
Jujur, Cinta Damai
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur[‘an dan terjemah
§ Buku PAI kelas XI
§ Buku-buku yang relevan
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Drs. AHMAD
ASYHARI
|
Malang ………………………
Guru Mata Pelajaran
FATHUL ANAM, SPD.I
|
|
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: XI / 1
Aspek : Aqidah
Alokasi
Waktu : ……X 45 Menit
Standar
Kompetensi : 3. Meningkatkan keimana kepada Rasul-raul
Allah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajarna
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
3.1.Menjelaskan
tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
Beriman kepada
Rasul-rasul Allah
§ Tanda-tanda
beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
§ Mendiskusikan
dalam kelompok tentang tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
§ Mempresentasikan
hasil diskusi tentang beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
§ Mengidentifikasi
tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah
§ Menjelaskan tanda
beriman kepada Rasul-rasul Allah
§ Menjelaskan sikap
beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
Bekerjasama, disiplin, Jujur
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI kelas XI
§ Buku-buku yang relevan
|
3.2.Menunjukkan
contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
Beriman kepada
Rasul-rasul Allah
§ Contoh-contoh
perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
§ Mendiskusikan
contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
§ Mempersentasikan hasil
diskusi tentang contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah
§ Mengidentifikasi
contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
§ Mengidentifikasi
contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah
§ Menjelaskna
contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
§ Mengidentifikasi
sifat-sifat mulia pada Rasul Allah
|
Rasa Ingin tahu, disiplin, Jujur
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI kelas XI
§ Buku-buku yang relevan
|
3.3.
Menampilakn perilaku yang mencerminkan keimanan kepada rasul Allah dalam
kehidupan sehari-hari
|
Beriman kepada
Rasul-rasul Allah :
§ Perilaku yang
mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Mengidentifikasi perilaku
beriman kepada Rasul-rasul
§ Mempraktikkan perilaku
yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah
§ Meneladani sifat mulia
Rasul-rasul Allah
|
§ Menunjukkan
perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah
§ Mengaplikasikan
sifat-sifat apra Rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
|
Disiplin, Jujur, Bekerjasama
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan h`sil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur[‘an dan terjemah
§ Buku PAI kelas XI
§ Buku-buku yang relevan
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Drs. AHMAD
ASYHARI
|
Malang ………………………
Guru Mata Pelajaran
FATHUL ANAM, SPD.I
|
|
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: XI / 1
Aspek : Akhlaq
Alokasi
Waktu : ……X 45 Menit
Standar
Kompetensi : 4. Membiasakan berperilaku terpuji
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajarna
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
4.1.Menjelaskan
pengertian taubat dan raja’
|
Taubat dan
Raja’
§ Pengertian
Taubat
§ Pengertian Raja
|
§ Mendiskusikan
pengertian taubat
§ Mempresentasikan
hasil diskusi tentang pengertian taubat
§ Mendiskusikan
pengertian raja
§ Mempresentasikan
hasil diskusi tentang pengetian raja
|
§ Menjelaskan pengertian
taubat
§ Menjelaskan
syarat-syarat bertaubat
§ Menjelaskan pengertaian
raja’
§ Menjelaskan kenapa kita
harus berharap kepada Allah
|
Religius, jujur, Disiplin
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Buku PAI Kelas XI
§ Internet
§ Buku-buku yang relevan
|
4.2.Menampilakn
contoh-contoh perilaku taubat dan raja’
|
Taubat dan
Raja’
§ Contoh perilaku
taubat
§ Contoh perilaku
raja’
|
§ Mempraktikkan
contoh-contoh perilaku taubat
§ Menunjukkan contoh-contoh
perilaku taubat
§ Mempraktikkan contoh
perilaku raja’
§ Menunjukkan contoh
perilaku raja’
|
§ Menunjukkan
contoh-contoh perilaku taubat
§ Menunjukkan
contoh-contoh perilaku raja’
|
Gemar membaca
Tanggung jawab
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Buku PAI kelas XI
§ Buku-buku yang relevan
|
4.3.Membaisakan
perilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari
|
Pembiasaan
taubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Membiasakan taubat
dalam keseharian
§ Membaisakan raja’ dalam
keseharan
|
§ Membiasakan
perilaku taubat dalam kehidupan sehari-hari
§ Membiasakan
perilaku raja’ dalam kehidupan sehari-hari
|
Religius,
Jujur, Cinta Damai
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Buku Pai Kelas XI
§ Buku-buku yang relevan
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. AHMAD
ASYHARI
|
Malang ………………………
Guru Mata Pelajaran
FATHUL ANAM, SPD.I
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: XI / 1
Aspek : Fiqih
Alokasi
Waktu : ……X 45 Menit
Standar
Kompetensi : 5. Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajarna
|
Indikator
|
Nilai Religius
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
5.1.Menjelaskan
asa-asas transaksi ekonomi dalam islam
|
Transaksi
ekonomi dalam islam
§ Asas-asas
transaksi ekonomi dalam Islam
|
§ Mendiskusikan
asas-asas transaksi ekonomi dalma Islam dalam kelompok
§ Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok tentang asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam
|
§ Menjelaskan ketentuan
hukum jual beli
§ Mengemukakan dalil
tentang jual beli
§ Menjelaskan hukum jual
beli sesuai syariah
§ Menjelaskan macam-macam
jual beli
|
Berkerjasama, Jujur, Disiplin
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjmah
§ Buku PAI Kelas XI
§ Buku-buku yang relevan
§ Internet
|
5.2.Memberikan
contoh transaksi ekonomi dalam Islam
|
Transaksi
Ekonomi dalam Islam
§ Contoh-contoh
transaksi ekonomi dalam Islam
|
§ Mendiskusikan
contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam
§ Melakukan simulasi
tentang transaksi ekonomi dalam Islam
§ Melakukan kunjungan ke
bank Syari’ah
|
§ Memberikan
contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam
§ Mempraktekkan
tentang transaksi ekonomi dalam Islam
§ Menyebutkan
contoh jual beli yang terlarang Islam
|
Mandiri, Komunikatif,
Tanggungjawab
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Buku PAI kelas XI
§ Buku-buku yang relevan
|
5.3.
Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
Penerapan
transaksi ekonomi dalam islam
|
§ Mendiskusikan tentang
transaksi ekonomi islam dalam jual beli
§ Mendiskusikan tentang
transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam
§ Mendiskusikan tentang
transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa
|
§ Memberikan
contoh transaksi ekonomi Islam dalam jual beli
§ Memberikan
contoh transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam
§ Memberikan
contoh transasksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa
|
Kritis-analitis, Jujur, kreatif
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Buku PAI Kelas XI
§ Buku-buku yang relevan
|
SILABUS
Mata Pelajaran
: Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: XI / 1
Aspek : Fiqih
Alokasi
Waktu : ……X 45 Menit
Standar
Kompetensi : 5. Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajarna
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
6.1.Menjelaskan
perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
Perkembangan
Islam pada abad pertengahan
|
§ Mendiskusikan
perkembangan islam di bidang Ilmu Pengethuan dan Peradaban pada abad
pertengahan
§ Diskusi dan
tanya jawab tentang manfaat dari perkembangan Islam pada abad pertengahn
|
§ Menjelaskan
perkembangan Islam di bidang Ilmu Pengetahuan dan peradaban apda abad
pertengahan
§ Menjelaskan manfaat
dari sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
Religius, jujur, Disiplin,
Jerjasama
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Buku PAI Kelas XI
§ Buku-buku yang relevan
§ Internet
|
6.2.Menyebutkan
contoh-contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
Contoh
peristiwa perkembangan islam pada abad pertengahan
|
§ Mengidentifikasi dari
peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
§ Mendiskusikan
contoh-contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
§ Menyebutkan
beberapa contoh peristiwa perkebangan Islam pada abad pertengahan
§ Menjelaskan
manfaat dari contoh perisiwa perkemabngan Islam pada abad pertengahan
|
Gemar membaca
Tanggung jawab
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Buku PAI kelas XI
§ Buku-buku yang relevan
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Drs. AHMAD
ASYHARI
|
Malang ………………………
Guru Mata Pelajaran
FATHUL ANAM, SPD.I
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: XII / 1
Aspek : Al-Qur’an
Alokasi
Waktu : ……X 45 Menit
Standar
Kompetensi : 1. Memahami Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang
Anjuran Bertoleransi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajarna
|
Indikator
|
Nilai Religius
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
1.1.
Membaca QS. Al-Kafiruun, QS Yunus : 40-41, dan QS. Al-Kahfi : 29
|
§ QS.
Al-Kafiruun,
§ QS Yunus :
40-41, dan
§ QS. Al-Kahfi :
29
|
§ Membaca QS.
Al-Kafiruun, QS Yunus : 40-41, dan QS. Al-Kahfi : 29
§ Mengidentifikasi
tajwid QS. Al-Kafiruun, QS Yunus : 40-41, dan QS. Al-Kahfi : 29
|
§ Membaca QS.
Al-Kafiruun, QS Yunus : 40-41, dan QS. Al-Kahfi : 29 dengan baik dan benar
§ Mengidentifikasi
tajwid QS. Al-Kafiruun, QS Yunus : 40-41, dan QS. Al-Kahfi : 29 dengan benar
|
Rasa ingin tahu, juju r, tanggung
jawab
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI Kelas XII
§ Buku-buku yang relevan
|
1.2.
Menjelaskan arti QS. Al-Kafiruun, QS Yunus : 40-41, dan QS. Al-Kahfi : 29
|
§ QS.
Al-Kafiruun,
§ QS Yunus :
40-41,
§ QS. Al-Kahfi :
29
|
§ Mengartikan
masing-masing kata yang terdapat dalam QS. Al-Kafiruun, QS Yunus : 40-41, dan
QS. Al-Kahfi : 29
§ Mengartikan
ayat QS. Al-Kafiruun, QS Yunus : 40-41, dan QS. Al-Kahfi : 29
§ Mendiskusikan
terjemah QS. Al-Kafiruun, QS Yunus : 40-41, dan Al-Kahfi : 29
|
§ Mengartikan
masing-masing kata yang terdapat dalam QS. Al-Kafiruun, QS Yunus : 40-41, dan
QS. Al-Kahfi : 29
§ Mengartikan
ayat QS. Al-Kafiruun, QS Yunus : 40-41, dan QS. Al-K`hfi : 29
§ Menterjemahkan
QS. Al-Kafiruun, QS Yunus : 40-41, dan QS. Al-Kahfi : 29
|
Mandiri, bekerjasama, disiplin
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI Kelas XII
§ Buku-buku yang relevan
|
1.3.
Membiasakan perilaku bertolerasni seperti terkandung dalam QS. Al-Kafiruun,
QS Yunus : 40-41, dan QS. Al-Kahfi : 29
|
§ QS.
Al-Kafiruun,
§ QS Yunus :
40-41, dan
§ QS. Al-Kahfi :
29
|
§ Mengidentifikasi
perilaku bertoleransi sesuai dnegan QS. Al-Kafiruun, QS Yunus : 40-41, dan
QS. Al-Kahfi : 29
§ Mempraktikkan
perilaku bertoleransi sesuai dnegan QS. Al-Kafiruun, QS Yunus : 40-41, dan
QS. Al-Kahfi : 29
§ Menunjukkan
perilaku bertoleransi sesuai dnegan QS. Al-Kafiruun, QS Yunus : 40-41, dan Al-Kahfi
: 29
|
§ Mengidentifikasi
perilaku bertoleransi sesuai dengan QS. Al-Kafiruun, QS Yunus : 40-41, dan
QS. Al-Kahfi : 29
§ Mempraktikkan
perilaku bertoleransi sesuai dengan QS. Al-Kafiruun, QS Yunus : 40-41, dan
QS. Al-Kahfi : 29
§ Menunjukkan
perilaku bertoleransi sesuai dengan QS. Al-Kafiruun, QS Yunus : 40-41, dan
QS. Al-Kahfi : 29
|
Religius, Toleransi, mandiri
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI Kelas XII
§ Buku-buku yang relevan
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: XII / 1
Aspek : Al-Qur’an
Alokasi
Waktu : ……X 45 Menit
Standar
Kompetensi : 2. Memahami Ayat-ayat Al-Qur;’an Tentang Etos
Kerja
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajarna
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
2.1.
Membaca QS. Al-Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
|
§ QS.
Al-Mujadalah : 11 dan
§ QS. Al Jumuah :
9-10
|
§ Membaca QS.
Al-Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
§ Mengidentifikas
tajwid QS. Al-Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
|
§ Membaca QS.
Al-Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10 dengan baik dan benar
§ Mengidentifikasi
tajwid QS. Al-Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
|
Religius, jujur, Disiplin
|
Proses dan hasil
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI Kelas XII
§ Buku-buku yang relevan
|
2.2.
Menjelaskan arti QS. Al-Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
|
§ QS.
Al-Mujadalah : 11 dan
§ QS. Al Jumuah :
9-10
|
§ Mengartikan
masing-masing kata yang terdapat dalam QS. Al-Mujadalah : 11 dan QS. Al
Jumuah : 9-10
§ Mengartikan
ayat QS. Al-Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
§ Mendiskusikan
terjemah QS. Al-Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
|
§ Mengartikan
masing-masing kata yang terdapat dalam QS. Al-Mujadalah : 11 dan QS. Al
Jumuah : 9-10
§ Mengartikan
ayat QS. Al-Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
§ Menterjemahkan
QS. Al-Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
|
Gemar membaca
Tanggung jawab
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI Kelas XII
§ Buku-buku yang relevan
|
2.3.
Membiasakan beretos kerja seperti terkandung dalam QS. Al-Mujadalah : 11 dan
QS. Al Jumuah : 9-10
|
§ QS.
Al-Mujadalah : 11 dan
§ QS. Al Jumuah :
9-10
|
§ Mengidentifikasi
perilaku etos kerja sesuai dengan QS. Al-Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah :
9-10
§ Mempraktikkan
perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam QS. Al-Mujadalah : 11 dan
QS. Al Jumuah : 9-10
§ Menunjukkan
perilaku etos kerja sesuai dengan QS. Al-Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah :
9-10
|
§ Mengidentifikasi
perilaku etos kerja sesuai dengan QS. Al-Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah :
9-10
§ Mempraktikkan
perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam QS. Al-Mujadalah : 11 dan
QS. Al Jumuah : 9-10
§ Menunjukkan
perilaku etos kerja sesuai dnegan QS. Al-Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah :
9-10
|
Religius,
Jujur, Cinta Damai
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI Kelas XII
§ Buku-buku yang relevan
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: XII / 1
Aspek : Aqidah
Alokasi
Waktu : ……X 45 Menit
Standar
Kompetensi : 3. Meningkatka Keimanan Kepa Hari Akhir
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajarna
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
3.1.
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
|
§ Iman kepada
Hari Akhir
|
§ Mengidentifikasi
perilaku yang mencerminakan keimanan terhadap hari akhir
§ Mempraktikkan
perilaku yang mencerminakan keimanan terhadap hari akhir
§ Menerapkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
|
§ Menjelaskan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
§ Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
|
Rasa Ingin Tahu, Disipin, Jujur
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Buku PAI Kelas XII
§ Buku-buku yang relevan
|
3.2.
Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir
|
§ Hikmah beriman
kepada Hari Akhir
|
§ Mengidentifikasi
hikmah yang terkandung dalam beriman terhadap hari akhir
§ Mendiskusikan
hikmah beriman terhadap hari akhir
§ Mempresentasikan
hasil diskusi tentang hikmah beriman terhadap hari akhir
§ Menunjukkan
hikmah beriman terhadap hari akhir
|
§ Menjelaskan
hikmah beriman terhadap hari akhir dalam kehidupan sehari-hari
|
Kritis-analitis, disiplin, Jujur
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI Kelas XII
§ Buku-buku yang relevan
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Drs. AHMAD
ASYHARI
|
Malang ………………………
Guru Mata Pelajaran
FATHUL ANAM, SPD.I
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: XII / 1
Aspek : Akhlaq
Alokasi
Waktu : ……X 45 Menit
Standar
Kompetensi : 4. Membaiasakan Perilaku Terpuji
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajarna
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
4.1.
Menjelaskan pengertian adil, ridha, dan amal shalet
|
Adil, Ridha dan
Amal Shalet :
§ Pengetian Adil
§ Pengertian
Ridha
§ Pengertian Amal
Saleh
|
§ Mendiskusikan
pengertian adil
§ Mendiskusikan
pengertian ridha
§ Mendiksusikan
pengertian amal shaleh
|
§ Menjelaskan
pengertian adil
§ Menjelaskan
pengertian ridha
§ Menjelaskan
pengertian amal saleh
|
Religius, jujur, Disiplin Adil
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas
|
2 Jam
|
§ Buku PAI Kelas XII
§ Buku-buku yang relevan
|
4.2.
Menampilkan contoh perilaku adil, ridha, dan amal saleh
|
Adil, Ridha dan
Amal Shalet :
§ Contoh perilaku
adil
§ Contoh perilaku
ridha
§ Contoh perilaku
amal saleh
|
§ Mempraktiokkan
contoh perilaku adil
§ Mempraktikkan
contoh perilaku rihda
§ Mempraktikkan
contoh perilaku amal shalet
|
§ Menampilakn
contoh perilaku adil
§ Menampilkan
contoh perilaku ridha
§ Menampilkan
contoh perilaku amal saleh
|
Gemar membaca
Tanggung jawab
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Buku PAI Kelas XII
§ Buku-buku yang relevan
|
4.3.
Membiasakan perilaku adil, ridha, dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
|
Adil, Ridha dan
Amal Shalet :
§ Pembiasaan
perilaku adil
§ Pembiasaan
perilaku ridha
§ Pembiasaan
perilaku amal shaleh
|
§ Berlatih
berperiaku adil
§ Berlatih
berperilaku ridha
§ Berlatih
berperilaku amal shaleh
|
§ Menunjukkkan
perilaku adil
§ Menunjukkan
perilaku ridha
§ Menunjukkan
perilaku amal shaleh
|
Religius,
Jujur, Cinta Damai
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Buku PAI Kelas XII
§ Buku-buku yang relevan
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Drs. AHMAD
ASYHARI
|
Malang ………………………
Guru Mata Pelajaran
FATHUL ANAM, SPD.I
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: XII / 1
Aspek : Fiqih
Alokasi
Waktu : ……X 45 Menit
Standar
Kompetensi : 5. Memahami Hukum Islam Tentang Hukum
Keluarga
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajarna
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
5.1.
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
|
Ketentuan hukum
pernikahan dalam Islam
§ Rukun Nikah
§ Muhrim
§ Kewajiban suami
isti
§ Talak
§ Ruj
|
§ Mendiskusikan
ketentuan hukum islam tentang nikah
§ Mendiskusikan
ketentuan hukum islam tentang talak
§ Mendiskusikan
ketentuan hukum Islam tentang tuju’
|
§ Menjelaskan
ketentuan hukum islam tentang nikah
§ Menjelaskan
ketentuan hukum islam tentang talak
§ Menjelaskan
ketentuan hukum Islam tentang tuju’
|
Religius, jujur, Disiplin
Bekerjasama
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI Kelas XII
§ Buku-buku yang relevan
§ Buku UU No. 1/1974
|
5.2.
Menjelaskan hikmah perkawinan
|
§ Hikmah
Perkawinan
|
§ Mendiskusikan
tentang himah pernikaha dalam Islam
§ Mendiskusikan
tentang himah talak
§ Mendiskusikan
tentang himah ruju’
|
§ Menjelaskan
hikmah nikah
§ Menjelaskan
hikmah talak
§ Menjelaskan
hikmah ruju’
|
Gemar membaca
Tanggung jawab
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan mandiri.
Dan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI Kelas XII
§ Buku yang relevan
§ UU No. 1/1974
|
5.3.
Menjelaskan ketentuan perkawianan menurut perundang-undangan di Indonesia
|
§ Ketentuan
perkawinan menurut perundang-undangan di Indoensia
|
§ Mencari
literatus tentang perundang-undangan perkawinan di Idnoensia
§ Mendiskusikan
tentang ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indoensia
§ Menjelaskan
ketentnuan perkawinan menurut UU perkawinan di Indoensia
|
§ Menjelaskan
ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan tentang perkawinan di
Indoensia
§ Menguraikan
kompilasi hukum tentang perkawinan di Indonesia
|
Religius,
Jujur, Cinta Damai
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah
§ Buku PAI Kelas XII
§ Buku-buku yang relevan
§ Buku UU No. 1/1974
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Drs. AHMAD
ASYHARI
|
Malang ………………………
Guru Mata Pelajaran
FATHUL ANAM, SPD.I
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: XII / 1
Aspek : Tarikh dan Kebudayaan Islam
Alokasi
Waktu : ……X 45 Menit
Standar
Kompetensi : 6. Memahami perkembangan islam di Indonesia
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajarna
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
6.1.
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
|
§ Perkembangan
Islam di Idnoensia
|
§ Mencari
literatur tentang perkembangan Islam di Indonesia
§ Mendiskusikan
perkem islam di Indonesia
§ Menunjukkan manfaat
perkembangan Islam di Indonesia
|
§ Menjelaskan
masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
§ Menguraikan
manfaat yang dapat diambila dari sejarha perkembangan Islam di Indoensia
|
Rasa Ingin tahu,Jujur, disiplin
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Buku PAI Kelas XII
§ Buku-buku yang relevan
§ Internet
|
6.2.
Menampilkan contoh perkembang Islam di Indonesia
|
§ Contoh
perkembangan Islam di Indonesia
|
§ Mengidentifikasi
contoh-contoh perkembangan islam di Indonesia
§ Mendiskusikan
contoh perkembangan islam di Indonesia
|
§ Menentukan
ciri-ciri perkembangan Islam di Indonesia
§ Menunjukkan
contoh-contoh perkembangan Islam di Indonesia
|
Komunikatif, Bekerjasama, Jujur
|
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Buku PAI Kelas XII
§ Buku-buku yang relevan
§ Internet
|
6.3.
Mengambil hikmah dari perkembangan islam di Indonesia
|
§ Hikmah
perkembangan Islam di Indoensia
|
§ Mengidentifikasn
perkembangan Islam di Indonesia
§ Mendiskusikan
hikmah perkembangan Islam di Indoensia
§ Mempresentasikan
hasil diskuri perkembangan Islam di
Indonesia
|
§ Mengeindetifikasih
hikmah perkembangan Islam di Indonesia
§ Menjelaskan
hikmah perkembangan Islam di Indonesia
|
Mandiri, Religius, Kreatif
|
Proses dan hasil kbm
Proses dan hasil monitoring, hasil kegiatan
mandiri.
Dan cacatan aktifitas keagamaan
|
2 Jam
|
§ Buku PAI Kelas XII
§ Buku-buku yang relevan
§ Internet
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Drs. AHMAD
ASYHARI
|
Malang ………………………
Guru Mata Pelajaran
FATHUL ANAM, SPD.I
|
0 komentar:
Posting Komentar